logo logo

Pointing domain ke IP kantor.

Menjawab sebuah email yang isinya :

Kak Alan, mohon maaf kak, perkenankan saya untuk bertanya tentang web server.

Masalahnya begini, Perusahaan tempat saya kerja sudah punya domain name. Lalu saya ingin membuat web, tapi saya ingin hostingnya di server kantor saya. Sudah tersedia, domain name, pc server, dan 2 IP public.
Kemudian web sudah jadi, lalu di hosting di pc server kantor saya. Nah pertanyaannya, bagaimana web tersebut bisa saya gunakan dengan nama domain tersebut dan bisa terhubung ke internet?
Terima Kasih.
Okey dari data email diatas sudah kita pastikan:
  1. Sudah ada domain name, anggap namanya: kantor.com
  2. PC Server dan
  3. IP Public, anggap IP nya, 1.2.3.4 dan 1.2.3.5

Kita gambar dulu ya, kurang lebih begini:

domain-to-kantor

Ada banyak langkah untuk mempointing sebuah domain ke IP public, baik diserver kantor maupun dimana saja server berada asal IP Public, atau IP bisa diakses dari jaringan internet, panduan yang saya gunakan yang paling simple tapi efisien, walau tidak 100% aman di sisi afraidnya maklum gratis :).

Lagkahnya:

  1. Pada domain manager kantor.com, arahkan NS recordnya ke NS afraid, biasanya otomatis ke NS si penjual hosting atau domain, ubah dulu ke : ns1.afraid.org. ns2.afraid.org, ns3.afraid.org, ns4.afraid.org, simpan dan tunggu hingga maksimal 2-8 jam dnsnya disimpan dan publish ke internet, untuk memastikan bisa cek di whois. http://whois.domaintools.com/kantor.com <— cek bagian paling bawah harus bernilai Name Server: ns1.afraid.org sampai dengan ns4.afraid.org, jika sudah berubah maka bisa lanjut ke langkah berikutnya, namun jika belum tunggu dan pastikan berubah ke NS afraid, kalo belum juga cek di Domain manager si penjual domainnya, biasanya pada WHMCMS, pada bagian Nameserver, bukan di cpanelnya yah :D, cari dulu sampe ketemu, ingat bukan dicpanelnya.
  2. Buat account pada web afraid.org, boleh ngga pakai yang lain? boleh, kenapa ngga dari cpanel aja? kalau mau full pindahin hosting dan domain ya pake NS lain, jangan pakai cpanel, walau bisa saja, cari yang paling gampang aja ya 😀
  3. Setelah sukses buat account, login kemudian cari menu “Domain” —> “Add Domain”, masukkan nama domainnya pada kolom Domain, misal kantor.com, pilih Shared Private, kemudian submit.
  4. Klik menu domain sebelah kiri, kemudian pada nama domain kita, ada menu “Manage” klik saja.
  5. Kemudian muncul list daftar alias domain, ada kantor.com, www.kantor.com dll.
  6. Klik pada kantor.com, kemudian pastikan Type A, dan Destination masukkan IP 1.2.3.4 kemudian klik save
  7. Satu lagi, www.kantor.com ganti ke record CNAME, kemudian Destination isi kantor.com, klil save lagi.
  8. Kalo sudah tunggu lagi sampai domain kantor.com resolve ke IP 1.2.3.4 cek di network-tools.com. http://network-tools.com/default.asp?prog=network&host=kantor.com
  9. Perhatikan IP lookupnya jika sudah muncul IP 1.2.3.4 maka sudah berhasil, jika failed berarti tunggu lagi 2-8 jam maksimal.
  10. Jika sudah berhasil dan terpointing ke IP 1.2.3.4 maka tinggal buka dari HP sudah keluar belum web server yang dikantor.
  11. Server kantor tidak butuh DNS Server, cukup vhost dari Apache saja sudah cukup.
  12. Untuk penambahan domain misal, mail, download.kantor.com, tetap dari afraid, kemudian pilih typenya A atau Alias.

Itu saja dulu, trik biar ngga repot urus domain server dll, cuma sering2 dicek afraidnya kadang ada yg bikin sub domain pakai domain kita, di reject atau delete saja, karena afraid memperbolehkan ternyata, kalo mau full private harus bayar :D, atau pakai domain manager situs lain, banyak yg free :)

Demikian guide simple ini, khusus buat yg nyubi saja, kalo sudah advanced jangan pakai guide ini :) *basi* hehe

Thanks mudah2an membantu.

 

 

bottom

5 Responses to “Pointing domain ke IP kantor.”

  1. domain com says:

    terimaksih infomasinya sangat membantu dan bermanfaat

  2. Nur says:

    Kak Alan saya mau tanya gimana cara pointing domain saya dengan skenario.
    Untuk web http://www.castleasia.com saya pointing di ns4.wixdns.net dan ns5.wixdns.net sedangkan email diposting di ip 64.150.160.67, saya udah langganan domain di networksolution, yang saya bingung bagaimana cara pointing domainnya ya, di menu network ada cara menpointing domain, dengan langsung DNS misal langsung ke ns4.wixdns.net terus add tambahkan ns1.verio.com (ini email server), tapi saya coba websitenya tidak bisa kebuka tapi emailnya jalan, jadi bagaimana setting pointing dnsnya, di menu juga ada pilihan advance dns setting situ bisa disert a record, mx record dsb tapi saya masih tidak mengerti cara settingnya, Mohon bantuannya

    • Dimas says:

      Rada ngeblur alurnya, cuma coba saya jawab ya, ini intinya, web pada cpanel wixdns, dan mail pada verio misahinya gini,
      1. Buat record cname di cpanel wixdns http://www.castleasia.com, misal mail.castleasia.com, recordnya arahin ke verio, di verio pastikan ada subdomain atau vhost dengan nama mail.castleasia.com, supaya resolve kalo ada permintaan, mau dibuat webmail atau apa bebas atur saja.

      2. Ubah record MX castleasia.com ke vario kalo di cpanel pake menu Remote Mail Exchanger, tinggal setting aja, tujuannya mengarahkan paket mail ke vario, selesai akses mail bisa dari cname diatas, rule mail tetep ke server vario.

  3. Untuk kabel routernya sendiri gimana gan? Ada problemnya tersendiri gan semisalnya kita gunakan untuk point ke domain ke ip kantor yang baru??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

bottom