logo logo

Kapan saat tepat memakai mode A, S, M atau P pada kamera?

Aperture Priority (A) sangat efektif digunakan untuk memotret objek diam, misalnya, landscape (kecuali slow speed), interior atau still life. Dengan mode A, Anda dapat mengatur diafragma guna mendapatkan depth of field sesuai yang dikehendaki, dan kamera akan menyesuaikan speed-nya.

Speed Priority (S) sangat efektif untuk memotret objek bergerak misalnya air terjun, olah raga dan panning. Dengan mode ini, Anda dapat menentukan shutter speed guna menciptakan efek bergerak sesuai yang dikehendaki, dan kamera akan menentukan diafragma yang sesuai untuk Anda.

Manual (M). Meskipun kamera sudah memiliki sistem metering yang sangat canggih, namun terkadang juga bisa terjadi kesalahan pengukuran, terutama pada kondisi sulit misalnya acara pementasan.

Untuk mendapatkan hasil yang ‘pasti’ seorang fotografer yang telah memiliki jam terbang akan menentukan ISO speed, shutter speed dan diafragma-nya untuk pemotretan tersebut. Mode Manual juga sering digunakan untuk pemotretan studio di mana lighting sudah diukur dengan flash meter.

Program (P) adalah mode yang paling sering digunakan untuk membuat foto liputan, di mana yang menjadi prioritas adalah momen-momen yang bergerak cepat sekali dan tidak bisa diulang. Di mode ini, kamera yang memegang kendali penuh, dan Anda hanya tinggal memotret saja.

*sumber : detikinet

bottom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

bottom