logo logo

Awas link jebakan di facebook

Artikel ini saya tulis setelah saya heran, di beranda wall FB milik saya, saya men-share sebuah alamat web http://aisyam.co.uk/video-mesum-syahrini.html secara kasat mata alamat web tersebut jika di buka akan membuka sebuah gambar mirip video you tube yang dapat diputar *lihat gambar*, namun apabila di klik maka tidak akan muncul sebuah video melainkan membuka forum kaskus.

Dan di forum tersebut langsung muncul sebuah promosi2 barang-barang si empunya, yg punya alamat web aisyam tadi, pas saya buka jualan alat semacam kamera, target pertama tujuan script jebakan itu, yaitu marketing saya nilai cukup berhasil, bagi orang awam pasti akan langsung liat-liat, tanpa disadari bahwa dia tidak membuka forum kaskus tersebut sebelumnya.

Teknik menularnya jebakan tadi adalah dengan menggunakan share link secara otomatis, sebetulnya tidak otomatis, namun karena kita terjebak oleh video yang diklik maka, script jebakan pada web tersebut langsung membuat postingan pada wall FB kita, ini berfungsi apabila FB kita dalam kondisi login, jadi dia akan membuat sebuah share link di wall Fb kita, yang secara otomatis jika FB kita banyak pengunjung maka banyak pula yang terjebak, apabila tidak mengetahuinya, dan semakin banyak yg terjebak, semakin banyak pula yang membuka forum kaskus tersebut.

Jadi jika digambarkan proses kerjanya adalah: Kita penasaran dengan video tsb –> klik gambar –> otomatis buka forum kaskus dan otomatis share link video tsb di wall kita.

Ini dia scripnya:

1. Header

[html]






[/html]
Script diatas berfungsi sebagai meta pada facebook yang akan dibaca bahwa link ini adalah merupakan video, maka akan tampil thubmnail atau gambar kecil dengan deskripsi semacam kita share youtube, tujuannya untuk mengecoh supaya dianggap video beneran :)

2. CSS baris setelah header
[css]

[/css] Ini css untuk tampilan di web yg kita bahas tadi, tidak ada yg terlalu penting disini.

3. Konten atau isi jebakan.
[html]


Video mesum Syahrini tersebar ke internet, gara-gara handphone blackberry-nya hilang di mall
Tonton videonya disini..

 

 

[/html]
Aksi jebakan pada saat action button share di klik, button ini disamarkan dengan meggunakan gambar pada script ini:
[html]

[/html]

dan setelah button yang berupa gambar diklik maka dia akan melakukan event membuka halaman baru dengan menggunakan script:
[javascript]

[/javascript]
Memang secara kasat bukan kaskus, melainkan google.co.id, namun dari google tersebutlah dia akan otomatis di redirect ke forum kaskus, dimana thread jualan dia dibuat, trik menggunakan awalan alamat google supaya rank thread pada forumnya di google.co.id naik, ide bagus juga, SEO menyesatkan :))

Memang masalah ini sangat newbie sekali, namun informasi tetaplah informasi yang orang lain berhak mengetahuinya, jadi dapat disimpulkan

  1. Tidak semua link video pada facebook merupakan video betulan, bisa jadi itu jebakan.
  2. Hati-hati jika membuka sebuah share link, jika disitu ada sesuatu yang harus di klik maka perlu dicurigai merupakan jebakan, sebetulnya ada teknik lagi yg lebih ampuh yaitu auto redirect dan klik 😀
  3. Selalu perhatikan wall anda, khususnya hati-hati jika anda suka klak-klik link pada facebook.
  4. Teknik ini juga dapat digunakan menyebarkan virus, dengan membuat sebuah file batch yg terselubung :) dan menyebarkan lewat url zombie semacam ini.

Itu saja yg dapat ane share hari yang mendung ini :). Hati-hati dan waspadalah, catatan ane sih, ya kalau mau jualan yang bener lah, jangan ngejebak-ngejebak yg jadinya mendzolimi orang lain, al hasil jadi dosa malah hhe..

Salam manis,
Alan.

bottom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

bottom